PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SKINCARE SKINTIFIC PADA TOKO VELASAA BEAUTY HOUSE DI SAMPIT

Penulis

  • Fitriatul Asifa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit
  • Mohammad Yani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit

Kata Kunci:

Kelengkapan Produk, Harga dan Kepuasan Konsumen.

Abstrak

Judul dari penelitian ini adalah Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Skincare Skintific Pada Toko Velasa Beauty House di Sampit. Ditentukan 55 sampel dengan teknik Accidental Sampling. Penguji instrumen data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis linier berganda, analisis koefisien kolerasi, dan analisis koefisien determinasi serta pengujian hipotesis berdasarkan uji-t dan uji-f. Pada uji hipotesis terdapat hasil uji-t (parsial) variabel Kelengkapan Produk (X1) memperoleh nilai thitung (5,846) > ttabel (2,00758) dengan tingkat signifikan (0,000) < (0,05), dan uj-t variabel Harga (X2) memperoleh nilai thitung (4,322) > ttabel (2,00758) dengan tingkat signifikan (0,000) < (0,05). Diartikan bahwa Kelengkapan Produk maupun Harga masing-masing berpengaruh secara signifikn terhadap Kepuasan Konsumen. Sedang untuk hasil uji-f (simultan) memperoleh nilai Fhitung (35,318) > Ftabel (3,18) dengan tingkat signifikan (0,000) < (0,05) yang berarti Kelengkapan Produk dan Harga berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap Kepuasan Konsumen. Nilai R 0,759 menunjukkan Kelengkapan Produk dan Harga memiliki hubungan/kolerasi yang Kuat terhadap Kepuasan Konsumen. Sehubungan dngan hasil tersebut, nilai R Square menunjukkan 0,576  yang berarti sebesar 57,6 % Kepuasan Konsumen di pengaruhi Kelengkapan Produk dan Harga sedangkan sisanya 42,4 % yang di pengaruhi variabel lain seperti lokasi, promosi dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= 1,323 + 0,348X1 + 0,375X2 dimana nilai konstanta (α) menunjukkan apabila tidak ada kenaikan variabel Kelengkapan Produk dan Harga maka nilai Kepuasan Konsumen adalah 1,323. Dan tiap penambahan skor atau nilai variabel Kelengkapan Produk memberikan kenaikan yang sama besar 0,348 terhadap Kepuasan Konsumen dengan syarat X2 tetap. Begitupun dengan variabel Harga memberikan kenaikan yang sama sebesar 0,375 terhadap Kepuasan Konsumen dengan syarat X1 tetap.

Referensi

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Alamsyah, G. F. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Kunci Mas Pada Pt. Sarimekar Cahaya Persada Sampit. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 88-100.

Asi, Y. S., Assagaf, A., & Indrasari, M. (2024). The Determinans Of Purchase Decision Through Customer Satisfaction Moderated By Social Media Marketing On Traditional Product Of Micro Small And Medium Entereprises (Msmes) Of Central Kalimantan. Educational Administration: Theory and Practice, 30(5), 1-to.

Astuti, E. D., Safitri, K., Setrojoyo, S. M., & Wibowo, T. S. (2023). Effect of Transformational Leadership, Job Satisfaction, and Interpersonal Communication on Organizational Citizenship Behavior with Organizational Commitment as Mediation Variable at the Tax Office. International Journal of Professional Business Review, 8(7), e02634-e02634.

Amanah, Dita dan Adinda Ayu Layla. (2019). Pengaruh Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Online Shop Tokopedia.Com Di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Volume 2:125-138.

Amstrong dan Kotler. (2012). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Butarbutar, I. P., Purnamasari, N., & Safitri, K. (2023). AN ANALYSIS ON FIVE FORCES DAN BCG MATRIX FOR APPLE INC. COMPANY. Maker: Jurnal Manajemen, 9(2), 229-240.

Basu, Swastha. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen.

Yogyakarta. BPFE UGM.

Dora, Laura Dhea. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Liberty Mart Watimulo Trenggalek. Jurnal Inovasi Penelitian. Volume 3 No2.

Enggel, James F dan Roger D Blacwel. (2007). Perilaku Konsumen Edisi Ke Enam.

Jakarta. Binarupa Aksara.

Fandy, Tjiptono dan Anastasia Diana. (2015). Pelanggan Puas Tak Cukup Edisi I.

ANDI. Yogyakarta.

Fandy, Tjiptono dan Gregorius Chandra. (2012). Service, Quality Satisfaction.

Yogyakarta. Andi Offset.

Fandy, Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta, Andi.

Hair J.F., Et Al. (2010). Multivariate Data Analysis Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Juwaini, A., Chidir, G., Novitasari, D., Iskandar, J., Hutagalung, D., Pramono, T., ... & Purwanto, A. (2022). The role of customer e-trust, customer e-service quality and customer e-satisfaction on customer e-loyalty. International journal of data and network science, 6(2), 477-486.

Korowa. E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(003).

Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran Jilid I Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga. p125.

Kotler dan Keller. (2015). Manajemen Pemasaran, Jilid I Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip (2009). Manajemen Pemasaran. Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip., Keller., Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid I & II. Jakarta: PT. Indeks.

Lovelock, Cristopher, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. (2011). Pemasaran Jasa Edisi 7. Erlangga: Jakarta.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Mufidah, W. (2021). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Tugu Gede Mayong. JEKMA, 2(3).

Muamar, M., Syamsudin, A., Yunikewaty, Y., Ludang, Y., Firlianty, F., & Suharno, S. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa STIE Sampit. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(1), 73-81.

Oetama, S. (2022). Influence Of Brand Communication, Brand Image And Brand Trust Through Online Media On Brand Loyalty In E-Commerce. International Journal of Science, Technology & Management, 3(2), 502-511.

Oetama, S. (2024). PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI INTERNET DI SAMPIT (STUDI KASUS PENGGUNA TIK-TOK SHOP). Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 01-11.

Purnama, Ika Nadia., Mhd. Fauzan Habibi Nasution., & Rini Astuti. (2022). Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di 212 Mart. Jurnal AKMAMI. Volume 3 No 1 Hal 74-86.

Pratiwi, E. S. A., & Safitri, K. (2022). Kualitas Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Memediasi Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 131-136.

Rudini, A. (2022). PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN GALERI BATIK DI SAMPIT. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 10-16.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Susanto, H., Muamar, M., Prasetyo, D., Purnomo, E. C., & Riyadi, A. (2023). THE INFLUENCE OF PRICE AND TRUST ON CONSUMER SATISFACTION IN SHOPPING ONLINE SHOP (TOKOPEDIA) IN SAMPIT. Jurnal Ekonomi, 12(01), 1052-1061.

Syafril, S., Selvanus, S., As-Syahri, H., Susanto, H., Wahyudi, W., & Syaifullah, S. (2024). Path analysis of factors that influence students in choosing a study program to get to their dream job. Jurnal Ekonomi, 13(01), 740-755.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian.

Andi Offset. Yogyakarta.

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Windasuri, Heria dan Hyacintha Susanti. (2017). Excelent Service. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo, N. A., & Safitri, K. (2022). Trust Memediasi Online Customer Review Dan Rating Terhadap Minat Beli Melalui Martketplace Shopee. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(04), 201-207.

Wijaya, A., & Riyadi, A. (2024). PENGARUH ULASAN PRODUK DAN RATING TERHADAP MINAT PEMBELIAN PADA APLIKASI LAZADA DI SAMPIT. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 56-65.

Yani, M. (2024). PENGARUH CITA RASA DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN BOBA STORY KITA DI SAMPIT. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 36-45.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-24

Terbitan

Bagian

Artikel