PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA TOKO LARIEZ48 DI SAMPIT

Penulis

  • Eva Setyaning Wanda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit
  • Hari Susanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Harga, Minat beli Ulang

Abstrak

Penelitian ini berjudul PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA TOKO LARIEZ48 DI SAMPIT”. Penelitian ini dilakukan di Sampit kabupaten kotawaringin Timur Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling. Dan data diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, dan analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi dan analisis determinasi. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan melalui metode kuesioner sebanyak 65 responden, yang disebarkan kepada pembeli di Toko Lariez48 di Sampit. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji-t variabel Kualitas Pelayanan (X1) nilai thitung > ttabel (2,213 > 1.99962) dengan tingkat signifikan  0,031 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Kualitas Pelayanan terdapat pengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli ulang Pada Toko Lariez48 di Sampit. Uji-t variabel Harga (X2) nilai thitung > ttabel (39,703 > 1.99962) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, berarti Harga terdapat pengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko Lariez48 di Sampit. Sedangkan untuk uji-fhitung > ftabel (1129,622 > 3,15) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya secara simultan Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko Lariez48 Di Sampit. Sedangkan analisa koefisien korelasi r 0,987 hal ini menunjukkan korelasi yang sangat kuat antara kualitas pelayanan dan harga terhadap minat beli ulang pada toko lariez48 disampit. Sedangkan analisa determinasi (R2) diperoleh R2 = 0,973 (97,3). Hal ini mengungkapkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) berpengaruh terhadap minat beli ulang (Y) sebesar 97,3%. Sedangkan sisanya 2,7% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini seperti kualitas produk, lokasi, promosi dan lain sebagainya. 

Referensi

Anwar, R. N, Wardani, F. A, (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. Fakultas Ekonomi Universitas Darma Persada

Astuti, E. D., Safitri, K., Setrojoyo, S. M., & Wibowo, T. S. (2023). Effect of Transformational Leadership, Job Satisfaction, and Interpersonal Communication on Organizational Citizenship Behavior with Organizational Commitment as Mediation Variable at the Tax Office.

Alma, B. (2014) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. 14th edn. Bandung: Alfabeta.

Amilia, S. dan Nst, M.A.O. (2017) ‘Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa’, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra.

Asnawi, Supriyadi, S.G. dan Widodo, M.H. (2022) ‘pengaruh Keberagaman Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Ontel Di Toko Agung Jombang’, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Alamsyah, W.F. dan Tanjung, Y. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Skincare MS Glow’, Universitas Potensi Utama. Medan.

Ariyanto, D. (2018). Pengaruh Attitude, Subjective Norm, dan Perceived Behavioral Control terhadap Repurchase Intention E-Money. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, Jurnal Ilmu Manajemen. Vol .6, No. 4.

Awi, Y. L., & Chaipoopirutana, S. (2014, August). A Study of Factors Affecting Consumer's Repurchase Intention toward XYZ Restaurant in Myanmar. International Conference on Trends in Economics, Humanities, and Management .

Alamsyah, G. F. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MINYAK GORENG KUNCI MAS PADA PT. SARIMEKAR CAHAYA PERSADA SAMPIT. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 88-100.

Barata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Dharmmesta, B. S., & Irwan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Eriyanti, H. dan Kusmadeni, D. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Supermarket dI Pangkalpinang’, STIKES Abdi Nusa Pangkalpinang. Pangkalpinang.

Firmansyah, A. D (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Di Tokopedia Surakarta Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. 9th edn. Semarang: Universitas Deponegoro.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2008) Manajemen Pemasaran. 13th edn. Edited by A. Maulana dan W. Hardani. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. Dan Keller, K.L (2019) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2009) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gelora Akasara Pratama.

Kotler, P. Dan Keller, K.L (2016) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012) Manajemen Pemasaran. 12th edn. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2014) Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. 3rd edn. Edited by D.A. Salim. Jakarta: Salemba Empat.

Lovelock, C., Wirtz, J. dan Mussry, J. (2010) Pemasaran Jasa. 7th edn. Edited by novietha I. Sallama. Jakarta: Erlangga.

Mudfarikah, R, Dwijayanti, R (2021). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap minat beli ulang. Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya.

Oetama, S., & Susanto, H. (2023). The Influence Of Brand Experience On Brand Loyalty Through Brand Satisfaction And Brand Trust In Indomie Mie In Sampit. International Journal of Science, Technology & Management, 4(1), 273-287.

Qotafi, Y. A (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Aka Coffee Dau Malang). Universitas Islam Malang Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Malang.

Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–12. Retrieved from

Saladin, D. (2007) Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Saripudin & Nabilla Faihaputri. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Di E-Commerce Jd.Id). Edunomika – Vol. 05 (2)

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H. (2023). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Murah Di Sampit. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 8(1), 01-10.

Susanto, H., Muamar, M., Prasetyo, D., Purnomo, E. C., & Riyadi, A. (2023). THE INFLUENCE OF PRICE AND TRUST ON CONSUMER SATISFACTION IN SHOPPING ONLINE SHOP (TOKOPEDIA) IN SAMPIT. Jurnal Ekonomi, 12(01), 1052-1061.

Septiana, I. dan Pradana, M. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Kedai Kopi Karel Terhadap Kepuasan Pelanggan The Effect of Karel Coffee Shop Service Quality on Customer Satisfaction’, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Telkom.

Tjiptono, F., dan Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Publiser.

Wibowo, N. A., & Safitri, K. (2022). TRUST MEMEDIASI ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERHADAP MINAT BELI MELALUI MARTKETPLACE SHOPEE. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 201-207.

Yusuf. I. N. Y (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Di E-Commerce Shopee. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-24

Terbitan

Bagian

Artikel