PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROSEDUR KREDIT, DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA KCU PT. BANK MANDIRI TBK SAMPIT
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit, Tingkat Suku Bunga, Keputusan NasabahAbstrak
Judul penelitian ini Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit, Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Usaha Rakyat (Kur) Pada KCU PT. Bank Mandiri Tbk Sampit yang berada di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Dan data di uji dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji hipotesis dan analisis data penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi dan analis determinasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada penelitian ini adalah uji-t untuk veriabel kualitas pelayanan (X1) yaitu thitung > ttabel (3,592 > 1,99210) dan tingkat signifikan 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah. Untuk uji-t untuk variabel prosedur kredit (X2) yaitu thitung > ttabel (3,021 > 1,99210) dan tingkat signifikan 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh signifikan antara prosedur kredit terhadap keputusan nasabah. Untuk uji-t untuk variabel tingkat suku bunga (X2) yaitu thitung > ttabel (5,692 > 1,99210) dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh signifikan antara tingkat suku bunga terhadap keputusan nasabah. Kemudian untuk uji-f yaitu fhitung > ftabel (27,898 > 3,12) dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 artinya secara simultan kualitas pelayanan, prosedur kredit dan tingkat suku bunga terhadap keputusan nasabah dalam mengambil Kredit Usaha Rakyat (Kur) pada KCU PT. Bank Mandiri Tbk Sampit. Angka r sebesar 0,724 menunjukkan hubungan/korelasi antara keputusan nasabah dalam mengambil Kredit Usaha Rakyat (Kur) pada KCU PT. Bank Mandiri Tbk Sampit dengan variabel bebasnya adalah kuat. Nilai R square sebesar 0,524 artinya 52,4% variabel keputusan nasabah (Y) dapat diterangkan oleh variabel kualitas pelayanan (X1), prosedur kredit (X2), dan tingkat suku bunga (X3). Sedangkan sisanya sebesar 47,6% dipengaruhi variabel lain seperti fasilitas kredit, komunikasi pemasaran, jangka waktu dan lainnya. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=1,079+ 0,269 (X1) + 0,392 (X2) + 0,538 (X3) artinya skor/nilai konstanta (α) tetap apabila tidak ada kenaikan variabel kualitas pelayanan, prosedur kredit dan tingkat suku bunga maka nilai keputusan nasabah adalah sebesar 1,079. Dan setiap penambahan satu skor/nilai variabel kualitas pelayanan memberikan kenaikan sebesar 0,269 terhadap keputusan nasabah dengan syarat X2 dan X3 tetap. Setiap penambahan satu skor/nilai variabel prosedur kredit memberikan kenaikan yang sama sebesar 0,392 terhadap keputusan nasabah dengan X1 dan X3 tetap. Serta setiap penambahan satu skor/nilai variabel tingkat suku bunga memberikan kenaikan yang sama sebesar 0,538 terhadap keputusan nasabah dengan X1 dan X2 tetap.
Referensi
A. Parasuraman.2011.The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey: Prentince HallArukunto,
Asi, Y. S., Assagaf, A., & Indrasari, M. (2024). The Determinans Of Purchase Decision Through Customer Satisfaction Moderated By Social Media Marketing On Traditional Product Of Micro Small And Medium Entereprises (Msmes) Of Central Kalimantan. Educational Administration: Theory and Practice, 30(5), 1-to.
Astuti, E. D., Safitri, K., Setrojoyo, S. M., & Wibowo, T. S. (2023). Effect of Transformational Leadership, Job Satisfaction, and Interpersonal Communication on Organizational Citizenship Behavior with Organizational Commitment as Mediation Variable at the Tax Office. International Journal of Professional Business Review, 8(7), e02634-e02634.
Alamsyah, G. F. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Kunci Mas Pada Pt. Sarimekar Cahaya Persada Sampit. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 88-100.
Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.
Edmister, W. C. 2014. Applied Hydrocarbon Thermodynamics, Vol 2, 2nd Edition. Texas: Gulf Publishing Company, Houston
Fandy Tjiptono.2017. Strategi Pemasaraan,ed. 3. Yogakarta: Andi.
Firdaus, H. Rachmat & Maya Ariyanti. 2013. Manajemen Perkreditan Bank Umum. Bandung: Alfabeta.
Griffin, Jill. 2012. Customer Loyality, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetian Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
Gronroos. 2015. Service Management and Marketing: A Customer Relationship ManagementApproach. Chishester: Jhon Wiley and Sond, Ltd.
Hasibuan, Malayu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Huda, Badrul, Sukidin, & Sri Wahyuni. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit, Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Pada PT. Bank Pengkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya Jember, Vol 13 No. 1 Bulan April Tahun 2019. Jember: Universitas Jember.
Juwaini, A., Chidir, G., Novitasari, D., Iskandar, J., Hutagalung, D., Pramono, T., ... & Purwanto, A. (2022). The role of customer e-trust, customer e-service quality and customer e-satisfaction on customer e-loyalty. International journal of data and network science, 6(2), 477-486
Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Ke-7. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2013. Marketing Managemen, 15th Edition. New Jersey:Pearson Education,Inc
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Kuncoro, Mudrajad. 2014. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi4. Jakarta: Erlangga.
Miller, C.A. 2014. Nursing For Wellness in Older Adults. 6th ed. Philadelphia: Lippincott Wiliams & Wilkins.
Oetama, S., & Susanto, H. (2023). The Influence Of Brand Experience On Brand Loyalty Through Brand Satisfaction And Brand Trust In Indomie Mie In Sampit. International Journal of Science, Technology & Management, 4(1), 273-287.
Oetama, S. (2022). Influence Of Brand Communication, Brand Image And Brand Trust Through Online Media On Brand Loyalty In E-Commerce. International Journal of Science, Technology & Management, 3(2), 502-511.
Ratnasari, Tina. 2022. Peran Kredit Usaha Rakyat (Kur) Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Petani Udang Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam DiDesa Labuhan Ratu, Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan
Pratiwi, E. S. A., & Safitri, K. (2022). Kualitas Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Memediasi Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 131-136.
Schiffman dan Kanuk. 2015. Consumer Behavior, 11th Edition. Global Edition.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta
Sukirno, Sadono. 2013. Makro Ekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Susanto, H., Muamar, M., Prasetyo, D., Purnomo, E. C., & Riyadi, A. (2023). THE INFLUENCE OF PRICE AND TRUST ON CONSUMER SATISFACTION IN SHOPPING ONLINE SHOP (TOKOPEDIA) IN SAMPIT. Jurnal Ekonomi, 12(01), 1052-1061.
Syafril, S., Selvanus, S., As-Syahri, H., Susanto, H., Wahyudi, W., & Syaifullah, S. (2024). Path analysis of factors that influence students in choosing a study program to get to their dream job. Jurnal Ekonomi, 13(01), 740-755.
Tjiptono, Fandy.2017. Strategi Pemasaraan,ed. 3. Yogakarta: Andi.