PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN LOCATION TERHADAP MINAT BELI PADA KEDAI TITIK TEMU DI SAMPIT

Penulis

  • Renia khairunisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit
  • Hari Susanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit

Kata Kunci:

Electronic Word Of Mouth, Location, Minat Beli

Abstrak

Penelitian ini berjudul PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN LOCATION TERHADAP MINAT BELI PADA KEDAI TITIK TEMU DI SAMPIT. Penelitian ini dilakukan di Kedai Titik Temu di Sampit Jl H.Imran Kecamatan Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling. Data diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, dan analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi dan analisis determinasi. Dalam penelitian  ini data yang dikumpulkan melalui metode kuesioner sebanyak 60 responden, yang disebarkan kepada calon konsumen yang minat untuk membeli Kedai Titik Temu di Sampit . Hasil penelitian ini menujukan bahwa Uji-t  (parsial) tidak ada pengaruh signifikan variabel  Electronic Word Of Mouth (X1)  terhadap minat beli (Y) produk pada Kedai Titik Temu di Sampit. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung < ttabel (1,538 < 2.00324) dan tingkat signifikan (0,130 > 0,050) maka Ho ditolak dan Ha diterima, ini berarti Electronic Word Of Mouth  tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk pada Kedai Titik Temu di Sampit. Sedangkan hasil Uji-t  (parsial) menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan variabel  Location (X1)  terhadap minat beli (Y) produk pada Kedai Titik Temu di Sampit . Hal ini dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (2,288 > 2.00324) dan tingkat signifikan (0,026 < 0,050) maka Ho diterima dan Ha ditolak,  ini berarti Location  berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk pada Kedai Titik Temu di Sampit . Sedangkan untuk uji-F, diketahui bahwa  fhitung > ftabel  (21,659 > 3.16) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,050 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya variabel bebas yaitu Electronic Word Of Mouth (X1), dan Location (X2) berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat yaitu Minat Beli(Y). Berdasarkan analisa korelasi (r) sebesar 0,664 hal ini sesuai dengan menurut Sugiyono (2015) posisi korelasi di posisi nilai = 0,60 s/d 0,799 menunjukkan bahwa pengaruh  kuat antara Electronic Word Of Mouth (X1) dan Location (X2)  terhadap minat beli produk Kedai Titik Temu di Sampit . Sedangkan analisa determinasi (R2)  diperoleh R2 = 0,441 (44,1%). Hal ini mengungkapkan bahwa pengaruh Electronic Word Of Mouth (X1) dan Location (X2) terhadap Minat Beli (Y) sebesar 44,1%. Sedangkan sisanya 55,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini seperti kualitas pelayanan, harga, citra merek dan lain sebagainya

Referensi

Ahmadi, H. (2013). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Layananterhadap Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Studi Kasus: Pada Pt Hero Gas Jaya Ponorogo). Jurnal Stie Dharma Iswara Madiun Ekomaks, 2(1).

Alamsyah, G. F. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH JAMBU KRISTAL DI KEBUN BUAH BATUAH HORTIFARM DESA PANTAI HARAPAN. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 8(1), 62-71.

Dini, K. P. (2022). Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Volume Penjualan Di Kreasi Kopi Cibaduyut Bandung (Doctoral Dissertation, Fisip Unpas).

Ediyanto, E., & Pramesthi, R. A. (2022). Pengaruh Lokasi Dalam Menentukan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Rumah Makan Ayam Pedas Hj Rupini Di Jember. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (Jme), 1(5), 1029-1038.

Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Goyette, I. (2010). E-Wom Scale Word-Of-Mouth Measurement Scale. For E-Services Content, Canadian Journal Of Administrative Scienes, 27(1), 5-23.

Gruen,T. (2006). E-Wom: The Impact Of Customer-To-Customer Online Know-How Exchange On Customer Value And Loyalty, Journal Of Business Research, 59(4), 449-456.

Gustina. S. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Triangle, 1(2), 356-370.

Hair, et al. (2010). Multivarite Data Analysis. 7th edn. Pearson prentice hall.

Hidayati, T. (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Penghuni Ma’had Sunan Ampel Al-Aly Uin Malang Tahun Angkatan 2012/2013 Yang Mengkonsumsi Mie Instan Mer (Doctoral Dissertation, Universitas Brawijaya).

Junaidi. (2014). Membaca dan Menggunakan Tabel Distribusi F dan Tabel Distribusi t’ . Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Jambi

Kotler. And Keller,. (2016), Marketing Management, (15th Ed.), Prentice Hall.

Kuberasyani, I (2019). Peran Word Of Mouth Memediasi Hubungan Antara Iklan Dan Harga Terhadap Minat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(7), 4589.

Matute, J (2016). The Influence Of Ewom Characteristics On Online Repurchase Intention: Mediating Roles Of Trust And Perceived Usefulness. Online Information Review, 40(7), 1090-1110.

Meitriana, S (2014). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toserba Nusa Permai Di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 5307.

Nainggolan, D. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Di Instagram Terhadap Brand Image Coffee House Kopi Sadis (Studi Pada Followers Kopi Sadis@ Kopisadis. Id).

Pandelaki, B. Mandey. Raintung (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Location Dan Price Terhadap Minat Beli Di R-Zone Cafe Langowan. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 312-232.

Priansa, D. J. (2016). Pengaruh E-Wom Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Online Di Lazada. Jurnal Ecodemica, 4(1), 117–124.

Prisgunanto, I. (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: Prisani Cendikia.

Putro, E. (2018). Analisis Perancangan Sistem Informasi Pergudangan di CV. Karya Nugraha. Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 2(1), 30-38.

Susanto, H., Muamar, M., Prasetyo, D., Purnomo, E. C., & Riyadi, A. (2023). THE INFLUENCE OF PRICE AND TRUST ON CONSUMER SATISFACTION IN SHOPPING ONLINE SHOP (TOKOPEDIA) IN SAMPIT. Jurnal Ekonomi, 12(01), 1052-1061.

Sejati, B. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Saputra, I. K. A. (2015). Brand Image, Product Knowledge, Dan Electronic Word Of Mouth Berpengaruh Terhadap Purchase Intention. Sumber, 4, 2016.

Septika, R. (2015). Pengaruh Modal, Pemilihan Lokasi Dan Pengetahuan Yang Mendorong Keberhasilan Usaha Pada Usaha Mobil Data Di Sepanjang Jalan Dr. Mansyur Medan (Doctoral Dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301-313.

Simanjuntak, D. (2022). Pengaruh Lokasi Bank, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Anjungan Tunai Mandiri (Atm) Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Sinarmas Medan. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(4), 479-484.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Cv. Alfabeta

Sumarwan, U. (2014). Model Keputusan Konsumen. Perilaku Konsumen, 5, 1-41.

Suryadi, N. (2013). Pengaruh Electronic Word-Of-Mouth Di Media Sosial Twitter Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Restoran Cepat Saji Hoka Hoka Bento. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, 2(1).

Suryaningsih, C. (2018). Pengalaman Hidup Anak Jalanan Usia Remaja. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 31-39.

Susanto, A., 2013. Pengaruh Promosi, Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Tulis Karangmlati Demak. Universitas Negeri Semarang.

Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata Di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 37(2).

Suwarman (2004). Pengaruh Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Ouval Research Di Buah Batu Bandung. Jurnal Unikom, 1(1).

Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75-84.

Thurau H (2004). Electronic Word-Of-Mouth Via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers To Articulate Themselves On The Internet?, Wiley Periodcals, Inc., 18, 38-52.

Utami, S. (2012).. Penentuan Lokasi Rth Daerah Permukiman Di Sebagian Kota Bekasi Menggunakan Aplikasi Pj Dan Sig Jurnal Bumi Indonesia, 1(3).

Wintang, F. P., & Pasharibu, Y. (2021). Electronic Word Of Mouth, Promosi Melalui Media Instagram Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1), 115-124.

Yuana, D., & Wahyuati, A. (2018). Pengaruh Harga, Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 7(12)

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-24

Terbitan

Bagian

Artikel